Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda)

Provinsi Kalimantan Selatan

Jl. Dharma Praja I, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru

Foto PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA

  Ming, 17 April 2016

THE DEVELOPMENT OF BIOLOGY LEARNING INSTRUMENT TOWARDS THE LEARNING OUTCOMES  AND HIGH ORDER THINKING SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS

  1. Muhammad Zaini, Ita, H. Aminuddin P.P

FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Jln. Brigjend. H.Hasan Basry Kayu Tangi Banjarmasin Tel/Fak (0511) 3304913

e-mail: balittra_32@yahoo.co.id; Itabiogreen@yahoo.co.id; aminuddinpatra@gmail.com

Diterima: 23/02/2014, Direvisi: 16/03/2014, Disetujui: 27/03/2014

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif.

Produk

dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan ASSURE meliputi tahapan analisis siswa, penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode, media dan bahan, penggunaan media dan bahan serta meminta partisipasi siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2

Banjarbaru. Penelitian telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran yang praktis dan efektif. Dikatakan praktis karena tahapan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dalam pembelajaran sekurang-kurangnya terkategori baik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan tergolong efektif  dengan beberapa indikator yakni 1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sudah dapat dikurangi, 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran cukup tinggi, 3) hasil belajar kognitif produk telah mencapai ketuntasan, begitu juga hasil belajar kognitif  proses,  4) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata kategori baik.  5) Keterampilan psikomotor siswa selama proses pembelajaran termasuk kategori baik, dan 6) afektif siswa yang diukur dari perilaku berkarakter siswa menunjukkan hasil dengan kategori minimal baik, sedangkan keterampilan sosial siswa minimal mencapai kategori sudah baik.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri

Abstract

This research is aimed to develop simple and effective instrument for learning. The product is developed according  to ASSURE  model  development  which  involves  students’  analysis  phase,  lesson  objective determination, method selection, media and material, the using of media and material, and attaching students’ participation in teaching and learning process. The research subject is class XI IPA SMAN 2

Banjarbaru. This study has developed a simple and effective instrument for learning. This instrument is simple because the stages of early activity, core activity, and last activity of learning are well categorized as good. And it is effective by some indicators such as 1) teachers activities in managing learning activity can already be decreased, 2) students activities during the learning process is quite high, 3) learning outcomes products of cognitive have succeeded as well as the results of cognitive learning process, 4) higher order thinking skills of students are categorized in average good, 5) psychomotor skills of the students during the learning process   are categorized as good and 6) students’ affective which is measured from behavioral characteristic of students have shown good results, and the social skills of students were achieving at least a good category.

Keywords: Research and Development, Learning Instrument, Inquiry Model

Statistik Pengunjung

Kantor Balitbang Kalsel

Alamat : Jl. Dharma Praja I,
Komplek Perkantoran Pemerintah
Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru
Telp/Fax : 0511-6749271
Email : kalselbalitbangda@gmail.com