Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda)

Provinsi Kalimantan Selatan

Jl. Dharma Praja I, Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru

Foto PEMANFAATAN LAHAN RAWADI KALIMANTAN SELATAN (STUDI PENDAHULUAN DI KABUPATEN BARITO KUALA, KOTABANJARMASIN, DAN KABUPATEN BANJAR)

PEMANFAATAN LAHAN RAWADI KALIMANTAN SELATAN (STUDI PENDAHULUAN DI KABUPATEN BARITO KUALA, KOTABANJARMASIN, DAN KABUPATEN BANJAR)

  Rab, 10 Juni 2015

PEMANFAATAN LAHAN RAWADI KALIMANTAN SELATAN (STUDI PENDAHULUAN DI KABUPATEN BARITO KUALA, KOTABANJARMASIN, DAN KABUPATEN BANJAR)

Oleh/By :

Latifa Suhada Nisa*)

*)Tenaga Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Jl. Jendral Sudirman No. 14 Banjarmasin 70114.

ABSTRAK

Pemanfaatan lahan rawa dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah ketersediaan lahan pertanian. Kalimantan Selatan tercatat memiliki total luasan lahan rawa seluas 400.262ha lahan rawa, terdiri dari lahan rawa pasang surut (190.369 ha) dan lahan rawa lebak (209. 893 ha). Luasan tersebut jika dimanfaatkan untuk areal pertanian akan berdampak pada peningkatan kuantitas pangan yang pada akhirnya akan menuju terciptanya ketahanan pangan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lahan rawa di Kabupaten Batola, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar. Lahan rawa di Kabupaten Batola, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar telah dimanfaatkan untuk pengembangan sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan. Pemanfaatan lahan rawa yang telah dilakukan masih belum optimal, dapat dilihat dari banyaknya luasan yang masih belum diusahakan, produktivitas yang masih rendah, dan terbatasnya komoditas yang dikembangkan.

 

KataKunci:LahanRawa,PemanfaatanRawa,RawaLebak,RawaPasangSurut.

Statistik Pengunjung

Kantor Balitbang Kalsel

Alamat : Jl. Dharma Praja I,
Komplek Perkantoran Pemerintah
Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru
Telp/Fax : 0511-6749271
Email : kalselbalitbangda@gmail.com